Kristen Cemerlang

Setiap manusia memiliki tombol-tombol yang berbeda yang bisa membuat mereka sedih dan menangis. Ada orang yang akan sangat cemas bila uang di kantong menipis, ada yang menangis bila ia merasa ditolak, ada pula yang berduka ketika ia merasa tidak dipercaya.

Berduka Karena Perkara Umat Allah

Tetapi apakah yang paling sering mendukakan kita, perkara materi atau perkara rohani? Perkara pribadi atau perkara gereja Kristus?

Pada bulan Nisan tahun kedua puluh pemerintahan raja Artahsasta, ketika menjadi tugasku untuk menyediakan anggur, aku mengangkat anggur dan menyampaikannya kepada raja. Karena aku kelihatan sedih, yang memang belum pernah terjadi di hadapan raja, bertanyalah ia kepadaku: “Mengapa mukamu muram, walaupun engkau tidak sakit? Engkau tentu sedih hati.” Lalu aku menjadi sangat takut. Nehemia 2:1-2

Empat bulan berlalu sejak Nehemia mendengar kabar tentang keadaan Yerusalem dan orang-orang Israel yang telah kembali dari pembuangan. Sejak mendengar berita buruk itu pula, ia berduka.

Selama periode empat bulan itu ia berdoa kepada Allah agar raja mendukung pembangunan tembok Yerusalem. Nehemia bertekun dalam permohonan yang tak putus-putusnya.

Pegawai yang Cemerlang

Nehemia adalah seorang pegawai yang cemerlang, sebelumnya tidak pernah wajahnya muram di hadapan raja. Nehemia bukan tipe pegawai yang ‘baper’, ia dapat mengelola perasaan pribadi dengan baik. Ia sangat profesional dalam pekerjaannya. Selama ini wajahnya cerah ceria dan bersemangat.

Tetapi karena begitu dalamnya ia mencintai umat Tuhan dan kota kudus Yerusalem sehingga ia tak dapat menyembunyikan kesedihannya. Ia tidak sedih oleh karena soal-soal pribadi, seperti kebanyakan orang. Kesukaran dan cela yang mungkin terjadi terhadap umat Allah adalah beban berat bagi Nehemia.

Nehemia Gambaran Kristen Sejati

Nehemia adalah gambar Kristen sejati, semestinya kamu sama seperti dia. Kamu menjadi pribadi cemerlang di mana saja. Di pekerjaan atau bisnis, kamu dikenal sebagai seorang yang jujur, optimis, bertanggungjawab, dan selalu memberi yang terbaik.

Orang lain melihat iman percaya kamu kepada Tuhan melalui cara kamu hidup, bukan melalui perkataan-perkataan agamawi yang mati.

Kamu tidak hidup hanya memikirkan kepentingan diri sendiri. Kristen berduka melihat apa yang terjadi kepada sesamanya dan perduli dengan Kerajaan Tuhan. Kristen harusnya menjadi cemas bila melihat jemaat Tuhan tidak bertumbuh, tidak berkepenuhan.

1. Hidup kamu bukan milik kamu sendiri lagi

Setiap orang yang hidup dalam Kristus telah mati untuk dirinya sendiri. Bila kamu memiliki pikiran Kristus, maka keperdulian Kristus pasti tampak dari dalam dirimu. Apakah kamu dikenal sebagai pribadi yang perduli atau pribadi egois?

2. Jadilah anggota yang berkontribusi

Itu adalah tugas kamu, wajib hukumnya. Setiap anggota tubuh Kristus mesti memberi kontribusi bagi kesejahteraan seluruh tubuh. Jangan menjadi benalu yang menumpang dan menyedot dari tubuh. Manfaat apa yang kamy berikan bagi gereja Tuhan hari ini?

Bagi yang sedang bergumul dan dalam proses untuk bangkit, jangan jadi mengasihani diri sendiri dengan ini – merasa tidak layak atau tidak punya apa-apa untuk diberikan. Bangkitlah segera, fokuslah untuk hal ini, kemudian  pada gilirannya kamu bisa berkontribusi.

3. Kristen yang cemerlang

Jadilah Kristen yang bersinar dan bila mesti bersedih biarlah itu karena perihal Tuhan dan umatNya. Miliki hati Tuhan, dapatkan perasaan Tuhan, serta bertindaklah seturut kehendak Tuhan. Apakah yang mestinya wajah kamu ceritakan pada orang sekeliling hari ini?

HAL BAIK DARI DIRI KAMU HANYA BERKEMBANG BILA HATI DAN PIKIRAN KRISTUS MELINGKUPI KAMU

 

Image: Pixabay.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *